Membuat Ringtone Dengan Adobe Premiere Pro

23 03 2009

Untuk programnya disini saya menggunakan adobe premiere pro karena di kompi sy Cuma itu yg terinstal dan menurut sy adobe premiere memang cocok untuk masalah editing video dibandingkan dgn yg lainnya.

Ok kita langsung aja, anggap aja di komputer kamu sudah terinstal Adobe premiere pro.

  1. Buka program a.p (adobe premiere) kalian
  2. Dalam menu file pilih import (Ctrl+I)
  3. Setelah itu cari lokasi mp3 yg akan kita edit dan klik Open
  4. Drag atau geser lagu yang ada di menu Project ke Timeline
  5. Nah sekarang kita tinggal menentukan dimana start dan end nya (start adalah awal pemotongan lagu dan end adalah ujung dari potongan lagu yang akan kita potong dengan mengunkan Razor Tool)
  6. Letakan Current Time Indicator di awal (start) suara atau rep yang kita inginkan atau menit ke 00:02:17:00
  7. Pilih Razor Tool (C ) untuk memotong dan letakan kembali Current Time Indicator di akhir (end) atau di menit ke 00:03:01:12 dan pilih kembali Razor Tool (C) untuk memotong

    Note: A adlh time dan B adalah Current Time Indicator
  8. Setelah terpotong – potong hapus semua sisanya (yang ga ke pakai)
  9. Perhatikan gambar dibawah
  10. Pada gambar di atas terlihat bahwa ada area yang kosong (Gap) dan hasil potongan lagu terlihat di tengah. Agar tidak ada Gap, Klik Kanan Gap tersbut lalu pilih Ripple Delete. Maka hasil potongan sebelah kanan otomatis bergeser ke kiri
  11. Nah sekarang sudah jadi dan untuk memutarnya tekan Space Bar di Keyboard kamu

Volume Fade

  1. Setelah kita memutar lagu di atas, terdengar bahwa suara music terpotong tiba – tiba di akhir project. Nah untuk mengatasi hal tersebut kita perlu mengatur agar suara music terhenti secara berangsur – angsur. Klik Icon Show Keyframe ==> Show Track Volume
  2. Untuk pembuatan Keyframe, klik Icon Set Display Type ==> Show Name Only
  3. Geser Time Slider ke detik yang bisa kamu tentukan sendiri
  4. Klik Add/Remove Keyframe
  5. Geser Time Slider ke akhir lagu yang telah kita potong tadi atau tekan Page Down di keyboard kamu
  6. Klik lagi Icon Add/Remove Keyframe lagi. Sekarang ada dua keyframe
  7. Klik selection Tool (V), aktifkan keyframe kedua lalu tarik kebawah hingga menunjuk angka -00db (Volume terendah)
  8. Sekarang coba play dan hasilnya music akan berhenti secara perlahan – lahan.

Proses Render

  1. Ok sekarang kita tinggal render. Untuk merender klik File ==> Export ==>Audio dan klik Save
  2. Selese deh….

Semoga Tutorial ini bermanfaat


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s